Selasa, 28 Desember 2010

Pilkada Kubar - Januari 2011 - Pilkam Ditunda

Untuk menghindari kemacetan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kubar periode 2011-2016 yang akan dilaksanakan pencoblosannya pada 24 Januari 2011, Pemkab Kubar harus menunda pelaksanaan pemilihan kepala kampung (Pilkam) ke 2011. Sedikitnya, ada 33 kampung yang harus ditunda dan penggantinya diangkat penjabat petinggi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Kubar Hermanuddin melalui Misran Effendi selaku Kepala Bidang Pemerintahan Kampung mengatakan, penjabat petinggi ini sudah dilantik oleh Bupati Kubar Ismael Thomas, beberapa bulan lalu. “Kemudian, masa tugas penjabat petinggi ini hanya setahun. Tugas mereka, menjalankan roda pemerintahan kampung dan yang paling utama membantu pelaksanaan Pilkada dan Pilkam pada 2011 nanti,” kata Misran Effendi. Dilakukannya penundaan ini, kata dia, terhitung sejak berakhirnya jabatan petinggi per Juni 2010. Karena waktu itu bersamaan dengan tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubar. Adapun syarat menjadi calon petinggi antara lain, usia minimal 20-25 tahun, pendidikan serendahnya SMP sederajat, dan beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Ke-33 kampung yang harus menunda Pilkam adalah, di wilayah Kecamatan Barong Tongkok (Kampung Balok Asa, dan Juhan Asa), Kecamatan Damai (Kampung Keay, Mendika, dan Muara Bomboy), serta Kecamatan Jempang (Kampung Lemponah, Mancong, Muara Nayan, dan Pentat). Berikutnya, Kecamatan Long Hubung (Kampung Matalibaq, Teri Parik Makmur), Kecamatan Mook Manaar Bulatn (Kampung Gadur, Gemuruh, Gunung Rampah, Karangan, dan Sakaq Tada), Kecamatan Melak hanya Kampung Empas.

Kemudian, Kecamatan Muara Pahu (Kampung Mendung, Teluq Tempudau, Tepian Ulaq, Muara Beloan), Kecamatan Sekolaq Darat (Kampung Sumber Bangun, dan Sumber Rejo), Kecamatan Siluq Ngurai (Kampung Muhur, Sangsang). Khusus Kampung Sangsang ini terjadi kekosongan petinggi dikarenakan meninggal dunia.
Selanjutnya Kecamatan Tering (Kampung Kelian Dalam, Kelubaq, Muara Mujan, Muyub Aket, Purworejo, Tering Baru, Tering Lama, dan Tukul.

Sumber: http://www.kubarkab.go.id/berita-detail.php?id=373

Tidak ada komentar:

Posting Komentar